Terbaru

TIPS MENULIS ANDREA HIRATA

Written By Ldk Unrika on Jumat, 29 Mei 2015 | 17.30

Selamat pagi penulis, sudahkah anda menulis hari ini?. jangan lupa sarapan bacaan ya supaya dapat banyak ide-ide cemerlang. 
Ada ilmu nih dari penulis terkenal asal belitung. Masih ingat laskar pelangi kan?. Ada tiga tips untuk menjadi penulis hebat yang Andrea Hirata berikan untuk para penulis pemula.

1. Terus belajar, 
Belajar disini sudahh pasti adalah belajar menulis, dan sudah pasti tentu menjadi penulis hebat berawal dari menjadi pembaca yang baik. Bahkan andrea saja setiap tiga hari menghabiskan satu buku novel. Diantara yang dia sukai adalah karya Antonio Skármeta, Gabriel Garcia Marquez, Sapardi Joko Damono. pantas saja bahasa tulisan andera hirata selalu kenak di hati, bacaannya sapardi joko darmmono sih.

2. Tidak melupakan asal muasal.
Pernah membaca laskar pelangi? bahkan tetralogi andrea hirata tak lepas menceritakan kampung halaman nan indah, Belitung. Kita semua akui novel laskar pelangi punya andil besar dalam memperkenalkan keindahan belitung pada dunia. Mungkin besok adalagi orang minang, medan, melayu, betawi, jawa, toraja, bugis, flores, alor, papua, ambon yang bisa bercerita tentang keindahan tanah leluhurnya, karena memang ingat kampung halaman itu hal yang penting, dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung, tapi hati ini tahu kemana ia harus kembali, eeeeeak...

3. Bersyukur atas apa yang kita punya dan selalu berniat menginspirasi.
Jangan malu menulis, setiap yang kita tulis adalah karya. Mungkin bagi kita tulisan kita tidaklah bagus dan tidak menarik, tapi itu adalah jejak yang akan mengingatkan kita bahwa setiap langkah yang kita lalui adalah sebuah proses belajar. Yang akan pula mengingatkan kita bahwa kita pernah memulai dari nol. Untuk itu tunjukan apa yang kita punya sekarang, dan belajar untuk mempersiapkan kejutan untuk pembaca esok hari. jadikan karya kita sebagai ispirasi. darwis tere liye pernah mengatakan "jangan tulis apa yang harus mereka baca, tapi tulislah apa yang harus mereka baca"

demikian 3 tips menulis, semoga bisa membantu kita menjadi penulis yang menginspirasi seperti andrea. selamat menulis, 

Lupi Sakura

Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar

Kalam

Kalam
Edisi 28 April 2016

join us

join us
klik

FSLDK INDONESIA

FSLDK INDONESIA
Klik gambar