Terbaru

Home » , , , » BANYAK HIKMAH PUASA DI BULAN RAMADHAN

BANYAK HIKMAH PUASA DI BULAN RAMADHAN

Written By Unknown on Jumat, 03 Juli 2015 | 22.24

Nah teman-teman, siapa yang tidak kenal pua?sa di bulan Ramadhan? Tentunya pasti sudah tahu kan.
Bukan hanya Rambu-rambu lalu lintas saja yang harus dipatuhi, akan tetepi di bulan Ramadhan banyak sekali Rambu-rambu yang harus dipatuhi selama menjalankan ibadah puasa. Seperti pada gambar di samping.
Seperti yang kita ketahui puasa menurut syariat ialah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa seperti makan, minum, hubungan intim, dll. Mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari, dengan disertai niat ibadah kepada Allah SWT karena mengharapkan ridha-Nya dan menyiapkan diri guna meningkatkan taqwa kepada-Nya.
Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an
wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa”.( QS. Al-Baqarah : 183 )                                                                             

Puasa Ramadhan banyak mengandung hikmah didalamnya. Diantaranya yaitu puasa Ramadhan akan membersihkan rohani kita dengan menanamkan perasaan kesabaran, kasih sayang, berkata benar, ikhlas, disiplin, terhindar dari sifat tamak, percaya pada diri sendiri, dsb.
Firman Allah SWT tentang puasa diawali dengan “wahai orang-orang yang beriman” diakhiri dengan “ mudah-mudahan kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa”.

Jadi, jelaslah bagi kita yang menjalankan puasa Ramadhan berdasarkan keimanan dan ketaqwaan. Untuk menjadi orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT kita diberi kesempatan selama satu bulan di bulan Ramadhan yaitu  kesempatan melatih diri kita menahan hawa nafsu dari makan dan minum, hubungan intim, menahan dairi dari perkataan dan perbuatan yang sia-sia seperti : berkata bohong, membuat fitnah dan tipu daya, merasa dengki dan khianat, memecah belah persatuan umat, dan berbagai perbuatan jahat lainnya.

Rasulullah saw bersabda :
Bukanlah puasa itu hanya sekedar menghentikan makan dan minum tetapi puasa itu ialah menghentikan omong-omong kosong dan kata-kata kotor” ( H. R. Ibnu Khuzaimah ).

Ok, semoga bermanfaat ya teman-teman.

Kader LDK UNRIKA (2014-2015)


Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar

Kalam

Kalam
Edisi 28 April 2016

join us

join us
klik

FSLDK INDONESIA

FSLDK INDONESIA
Klik gambar