Terbaru

Home » , , , » Renungan : Arti Sebuah Amanah

Renungan : Arti Sebuah Amanah

Written By Ldk Unrika on Senin, 24 Agustus 2015 | 18.46



Sebuah kata yang sangat mudah di ucapkan namun sangat sulit untuk dilakukan. dan tidak banyak dari kita yang sanggup menerimanya dan melaksanakanya. Seperti apa yang pernah disampaikan oleh Ibn Al-Araby, "amanah adalah segala sesuatu yang diambil dengan izin pemiliknya atau sesuatu yang diambil dengan izin pemiliknya untuk diambil manfaatnya." Artinya amanah hanya bisa diberikan kepada orang yang dianggap mampu melaksanakannya. Tapi karena banyak yang merasa belum cukup dan mampu untuk melaksanakannya, sehingga amanah itu dianggap berat dan sulit untuk dilaksanakan.
amanah juga bisa katakan sebuah bukti cinta, kenapa? karena amanah hanya diberikan kepada orang yang sangat dipercayai. Menepati amanah merupakan moral yang mulia, Allah swt. menggambarkannya sebagai orang mukmin yang beruntung (Q.S.23:8), sebaliknya Allah tidak suka orang-orang yang berkhianat dan tidak merestui tipu dayanya (Q.S.12:52), dan orang yang mengkhianati amanah termasuk salah satu sifat orang munafik.
Firman-Nya yang lain,
Amanah (trust) adalah modal utama untuk terciptanya kondisi damai dan stabilitas di tengah masyarakat, karena amanah sebagai landasan moral dan etika dalam bermuamalah dan berinteraksi sosial. Firman Allah dalam Q.S. 4 : 58 sebagai berikut : Artinya : "Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum diantara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepada kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat."
namun yakinlah, bahwa amanah itu sangat mudah dilakukan bagi orang yang selalu di berikan amanah. meski sulit di awalnya, dan tak jarang banyak rintangan yang harus di hadapi, tapi setiap masalah pasti ada jalan keluar atau solusinya. terlebih lagi amanah yang di berikan melatih kita untuk senantiasa dalam kebaikan, dan Allah akan selalu bersama orang yang berbuat baik dan menunaikan tugasnya dengan baik.
“Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh.” (QS. Al-Ahzab: 72) jadi jika kita ingin melihat seseorang apakah dia jujur, dan dapat dipercaya bisa dilihat dari bagaimana dia bisa menyelesaikan amanah yang telah diberikan.
amanah dalam berorganisasi salah satu contoh amanah yang sangat sering dilakukan dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan bidangnya, di antaranya seorang ketua yang bertugas untuk mengatur kinerja anggotanya, bendahara yang bertugas menjaga keuangan agar tetap stabil, dan sekretaris yang mengatur administrasi baik surat - menyurat. Dalam pekerjaan, seorang pegawai ataupun pekerja menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan tugasnya. selanjutnya di bidang perdagangan, amanah dalam berdagang adalah dalam keterangan yang disampaikan sehubungan dengan jual beli tersebut dan penjelasan tentang cacat atau kekurangan pada barang dagangan yang dijual jika memang ada cacatnya. Inilah sebab yang menjadikan keberkahan dan kebaikan dalam perdagangan dan jual beli, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Kalau keduanya (pedagang dan pembeli) bersifat jujur dan menjelaskan (keadaan barang dagangan atau uang pembayaran), maka Allah akan memberkahi keduanya dalam jual beli tersebut. Akan tetapi kalau kaduanya berdusta dan menyembunyikan (hal tersebut), maka akan hilang keberkahan jual beli tersebut”.
Contoh dari beberapa amanah yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari - hari, yakni mulai dari amanah dalam berorganisasi, perdagangan, pekerjaan, pendidikan, rumah tangga, hingga beribadah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga menyebutkan bahwa amanah bagian dari keimanan, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada keimanan bagi orang yang tidak memiliki sifat amanah.”
dan masih banyak yang lainnya, semoga kita bisa menjadi sosok yang amanah untuk mendapatkan kehidupan yang mulia, baik di dunia maupun kelak di akhirat. Aamiin.Wallahu'alam bishowab.

Ikro Bismitama
Kadep. Humas Media LDK Unrika 2014-2015
Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar

Kalam

Kalam
Edisi 28 April 2016

join us

join us
klik

FSLDK INDONESIA

FSLDK INDONESIA
Klik gambar